Page Nav

HIDE

Latest Quotes

{quotes} {latest}

Ads Place

Unik dan Sangat Berharga: Pribadi Manusia

Martabat Pribadi Manusia LATAR BELAKANG Kita menghabiskan banyak waktu berbicara tentang kelompok orang — komunitas yang berbeda, kelompok u...

Martabat Pribadi Manusia

LATAR BELAKANG

Kita menghabiskan banyak waktu berbicara tentang kelompok orang — komunitas yang berbeda, kelompok umur, kelompok etnis, kelompok agama, orang miskin , orang sakit, dll. Tetapi kita tidak dapat melupakan bahwa kelompok ini terdiri dari orang-orang individu. Yang terpenting, setiap individu dibuat menurut gambar dan rupa Allah, dan oleh karena itu setiap orang memiliki martabat yang setara dan tidak dapat diganggu gugat. Martabat pribadi manusia adalah dasar dari semua ajaran sosial Gereja. Semua hak, kebebasan, dan tanggung jawab pribadi manusia berakar pada martabat yang diberikan Tuhan itu.

Baca DOCAT

Baca no. 47-62.

Apa Kata DOCAT?

  1. Menurut no. 51, apakah dua dimensi dari setiap dosa?
  2. Apa yang dimaksud Gereja dengan kesatuan pribadi manusia?
  3. Apa tujuan atau tujuan dari kebebasan manusia?

TERANG SABDA ALLAH

  1. Menurut 1 Yoh 3: 1-2, apa yang menjadikan kita anak-anak Allah?
  2. Apa yang diajarkan 1 Kor 3: 16-17 kepada kita tentang bagaimana kita seharusnya memperlakukan diri kita sendiri dan orang lain?
  3. Baca 1 Kor 6:12. Menurut Anda apa yang dikatakan Santo Paulus tentang kebebasan? Hal-hal apa yang mungkin “sah” tetapi tidak “membantu”?

REFLEKSI

Banyak psikologi pop berfokus pada "menemukan diri sendiri". Untuk menemukan diri saya sendiri, saya perlu memahami emosi dan motivasi saya, menerima diri saya apa adanya, memenuhi potensi saya sepenuhnya, dan sebagainya. Apakah Anda melihat tema di sini? Itu semua "aku, aku, aku!"

Gereja menawarkan pendekatan yang berbeda untuk pemenuhan, dan sesuatu itu kita tidak dapat menyelesaikan semua sendiri. Ini semua tentang mencintai satu sama lain seperti Tuhan telah mencintai kita. Gaudium et Spes dari Vatikan Il mengatakan bahwa “keserupaan antara kesatuan Pribadi-Pribadi ilahi, dan kesatuan anak-anak Allah dalam kebenaran dan kasih. . . mengungkapkan bahwa manusia, yang merupakan satu-satunya makhluk di bumi yang dikehendaki Allah untuk dirinya sendiri, tidak dapat sepenuhnya menemukan dirinya kecuali melalui pemberian yang tulus dari dirinya ”(no. 24). Tuhan adalah Trinitas Pribadi, komunitas cinta. Karena kita diciptakan menurut gambar dan rupa-Nya, kita tidak dapat menemukan kepuasan tanpa belajar memberikan diri kita sendiri kepada orang lain dalam cinta.
  1. Menurut Anda, apakah memahami identitas kita sebagai anak Allah adalah langkah penting untuk mencintai orang lain? Mengapa atau mengapa tidak?
  2. Apakah berada dalam komunitas membuat kita lebih dekat dengan diri kita sendiri? Apa artinya lebih dekat dengan diri sendiri?
  3. Pikirkan semua komunitas di mana Anda menjadi bagiannya. Asas persatuan apa yang mempersatukan Anda dengan masing-masing komunitas ini? Bagaimana setiap komunitas membantu membentuk Anda menjadi diri sendiri?

KATEKESE

  1. Menurut Anda, apakah penting untuk mengakui dan menghormati martabat Anda sendiri sebelum Anda dapat mengenali dan menghormati martabat orang lain? Mengapa atau mengapa tidak?
  2. No. 51 mengatakan, “Mengenali dan menamai dosa adalah langkah pertama dalam membebaskan diri darinya.” Apa artinya ini? Ini terlihat seperti apa secara praktis?
  3. Dalam hal apa (jika ada) laki-laki dan perempuan sama? Dalam hal apa (jika ada) perbedaannya?
  4. Jika kita tidak melatih hati nurani kita dengan benar, itu tidak akan menjadi panduan yang dapat dipercaya untuk pilihan kita. Dengan cara apa saja seseorang mungkin gagal melatih hati nuraninya? Apa yang dapat Anda lakukan untuk membentuk hati nurani Anda dengan baik?

TANTANGAN

Reach Out: Siapa yang Anda kenal yang mungkin merasa terisolasi atau dikucilkan? Temukan cara untuk menjangkau mereka untuk mengakui martabat mereka dan membantu mereka menemukan pengalaman komunitas.

Belajar: Pilih satu atau dua cara untuk membentuk hati nurani Anda dibahas dalam DOCAT no. 4 dan berusahalah membentuk hati nurani Anda minggu ini.
Manusia adalah Pribadi yang Unik- Ilustrasi Miss Lisa Afsari

Tidak ada komentar

Advertisement